Bagaimana Cara Agar Rumah Sejuk Tanpa AC ?

Rumah sejuk tanpa AC – Rumah adalah salah satu tempat untuk tinggal dan termasuk kebutuhan primer manusia. Rumah di zaman sekarang memang sudah sangat dinamis dan memiliki ragam bentuk yang luar biasa keren. Namun rumah-rumah saat ini banyak yang menghabiskan energi listrik dan kurang dekat dengan alam. Banyak rumah yang menyedot energi listrik karena penggunaan barang elektronik dan kurang memperhatikan aspek lingkungan.

Rumah Sejuk Tanpa AC Sirkulasi Udara Ruang Keluarga Terbuka - arkamaya jasa arsitek jogja

Memiliki Rumah Sejuk Tanpa AC

Cara meminimalisir tenaga listrik adalah mengurangi penggunaan AC. Lalu bagaimana cara agar rumah sejuk tanpa AC? Berikut beberapa tips dalam membuat rumah sejuk tanpa AC :

  1. Perbanyak ventilasi/sirkulasi udara

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau cara membuat rumah sejuk tanpa AC adalah dengan memperbanyak ventilasi udara. Ventilasi udara akan membuat suasana rumah menjadi segar dan sejuk. Bahkan ventilasi ini akan membuat suasana lebih menyenangkan dan membuat mood menjadi naik.

  1. Perbanyak tanaman

Agar rumah sejuk tanpa AC, dapat digunakan banyak tanaman di dalam ruangan. Oksigen yang dihasilkan tanaman akan membuat suasana di dalam rumah menjadi lebih dingin. Tanaman yang bisa digunakan di dalam rumah antara lain adalah sansivera, beras wutah, dan masih banyak lagi. Tanaman ini juga bisa menyerap karbondioksida yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Tanaman juga berfungsi untuk menambah keestetisan di dalam rumah..

  1. Elemen air di dalam rumah

Elemen air di dalam rumah akan memberikan sensasi dingin yang alami. Sensasi air akan memberikan efek sejuk di dalam rumah. Misalnya memberikan ‘air terjun’ atau bisa juga semacam pond / kolam yang dipasang di dalam rumah. Elemen air ini akan memberikan sensasi  sejuk menenangkan yang akan membuat suasana rumah lebih segar. Air memang bisa membuat udara dan lingkungan di dalam rumah menjadi lebih sejuk. Hal tersebut tentunya akan lebih menyenangkan dan lebih membuat tenang.

  1. Menggunakan kipas angin (sebagai pendorong sirkulasi dalam ruang)
Baca Juga :   Ingin Membuat Rumah Lebih Menyatu Dengan Alam? Simak Tips Berikut Ini

Kipas angin adalah pilihan yang tepat untuk dipakai dalam rumah yang panas dan tidak memakai AC. Selain daya listriknya lebih kecil, kipas angin juga akan memberikan kesegaran yang lebih alami. Bagi Anda yang sudah tidak tahan dengan suasana panas di rumah karena letaknya di perkotaan dan sebagainya, kipas angin bisa jadi alternatif.

  1. Langit-langit tinggi

Cara agar suasana rumah menjadi lebih sejuk dan lebih nyaman adalah dengan membuat langit-langit rumah menjadi tinggi (dapat lebih meredam/menahan panas suhu luar). Kalau langit-langitnya rendah tentu akan membuat suasana menjadi lebih sempit dan sesak. Cara ini tentunya cukup sulit kalau diterapkan di rumah yang sudah jadi. Maka saat rumah masih dalam tahap renovasi, langit—langit bisa ditinggikan agar semakin udara bersih dalam rumah menjadi mudah diserap.

Rumah Sejuk Tanpa AC Sirkulasi Udara - arkamaya jasa arsitek jogja

Kesimpulannya membuat rumah sejuk tanpa AC bisa dengan cara yang paling sederhana sampai cara yang lebih kompleks. Cara yang sederhana antara lain menanam tanaman di dalam rumah, sedangkan kalau kompleks, penataan desain rumah bisa dibuat langit-langit yang tinggi.