Konsep Menciptakan Rumah Ramah Lingkungan Eco-House

Rumah ramah lingkungan adalah salah satu trend saat ini untuk mewujudkan rumah berwawasan alam. Hal tersebut tentunya akan membuat suasana lebih segar dan membuat  suasana lebih tenang. Rumah ramah pada lingkungan juga akan membuat kesehatan penghuninya semakin baik. Jadi kalau Anda penyuka hal-hal yang berbau alam, tak ada salahnya untuk membuat rumah ramah lingkungan.

Konsep Membuat Rumah Ramah Lingkungan 2 - arkamaya jasa arsitek jogja

Banyak hal yang bisa membuat rumah dikatakan sebagai ramah lingkungan. Berikut ini adalah cara membuat rumah yang berwawasan lingkungan :

  1. Ada tanaman indoor dan outdoor

Membuat rumah yang ramah lingkungan, bisa dengan membuat rumah yang penuh dengan tanaman. Tanaman yang bisa ditaruh di dalam ruang seperti beras wutah, aglonema, dan sebagainya memang membuat rumah akan terasa sejuk dan dingin. Bahkan karbondioksidanya dapat tersaring oleh tanaman sansivera.

Semakin baik kualitas udara di dalam rumah, tentunya akan membuat penghuninya juga semakin sehat. Kalau tanaman outdoor, bisa tanaman toga, tanaman hias, ataupun pohon perdu. Selain bermanfaat untuk menjaga lingkungan, juga bisa untuk keperluan sehari-hari. Tanaman toga sendiri seperti kunyit, jahe, kumis kucing, dan sebagainya.

  1. Ventilasi udara

Mewujudkan rumah ramah lingkungan adalah meminimalisir penggunaan AC dalam rumah. Cara mewujudkan rumah sejuk tanpa AC adalah memperbanyak ventilasi udara. Semakin banyak ventilasi udara, maka pertukaran udara segar akan cepat. Menghirup udara yang bersih tentunya akan meningkatkan kesehatan.

  1. Biarkan sinar matahari memasuki ruangan

Cobalah untuk membuka tirai di siang hari agar sinar matahari dapat memasuki ruangan secara bebas. Jadi, Anda tidak perlu menyalakan lampu ruangan untuk menjadi lebih terang.

  1. Mengolah sampah organik dan anorganik

Rumah ramah lingkungan tentunya juga harus bisa mengubah sampah organic menjadi pupuk tanaman. Hal tersebut agar tidak hanya menjadi limbah yang terbuang. Selain sampah organic, kita juga harus memilah sampah anorganik agar tidak bercampur sampai organic. Tujuannya agar bisa terurai dan tidak mencemari lingkungan.

  1. Sampah plastik didaur ulang
Baca Juga :   Berbagai Keunggulan Penggunaan Rangka Atap Baja Ringan

Sampah plastic bekas belanjaan dan bekas kantong-kantong tentunya sangat banyak di rumah. Agar tidak hanya dipakai dan buang, sebaiknya didaur ulang menjadi kerajinan dan sebagainya. Sampah plastic yang didaur ulang, bisa dibuat kerajinan seperti tutorial di youtube atau sumber lainnya. Kalau Anda memiliki daya kreativitas yang tinggi, tentu bisa memanfaatkannya menjadi kerajinan yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

  1. Menghemat pengunaan air

Kebutuhan menggunakan air memang cukup tinggi setiap harinya. Namun, Anda perlu menghemat air dengan cara tidak membiarkan keran air terus menyala saat sedang menyikat gigi atau mencuci piring.

  1. Konsep rumah ramah lingkungan

Konsep rumah ramah lingkungan bisa disederhanakan dalam ilustrasi berikut ini

Konsep Membuat Rumah Ramah Lingkungan 3 - arkamaya jasa arsitek jogja

Rumah ramah lingkungan kini banyak dikembangkan agar menjadi tempat yang nyaman. Tak perlu biaya mahal mewujudkan rumah yang ramah lingkungan. Cukup seperti cara di atas, rumah yang berwawasan lingkungan akan segera terwujud. Manfaat dari cara di atas dalam membuat rumah ramah lingkungan. Kita bisa lebih menghargai alam dan tentu berdampak sangat positif pada penghuni rumah.