Beberapa Konsep Rumah Sehat Tropis bagi Rumah Anda

Rumah idaman bukan hanya rumah yang sekedar indah dan mewah, akan tetapi rumah yang juga memiliki konsep rumah sehat yang seharusnya menjadi rumah idaman Anda sekeluarga. Dengan begitu para penghuninya akan merasa lebih aman dan nyaman.

konsep rumah sehat tropis 3 - arkamaya jasa arsitek jogja

Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dengan benar. Bagi Anda yang ingin menerapkan konsep rumah sehat bisa menerapkan beberapa konsep rumah sehat berikut agar rumah Anda semakin nyaman saat dihuni.

 

  1. Pencahayaan yang baik

Pencahayaan yang cukup akan membuat rumah semakin sehat. Apabila Anda memiliki rumah dengan cahaya yang minimum maka akan rawan sekali dengan gangguan kesehatan. Sehingga hal yang seperti ini harus benar-benar dihindari.

Cahaya yang cukup juga bisa didapatkan melalui jendela. Maka di sinilah peran penting jendela yang harus dimiliki setiap rumah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan genteng kaca untuk memperoleh pencahayaan lebih.

  1. Ventilasi udara yang cukup

Rumah dengan konsep rumah sehat harus memiliki ventilasi udara yang cukup. Hal ini berarti agar sirkulasi udara lebih lancar dan udara segar akan mudah masuk, sehingga Anda tidak merasa kurang udara saat berada di dalam rumah. Ventilasi udara juga sangat berpengaruh pada kadar oksigen yang ada. Dengan ventilasi udara yang cukup baik maka oksigen di dalam rumah akan tetap terjaga dengan baik.

Anda bisa menerapkan hal berikut dengan memasang jendela. Apabila sudah memiliki jendela, maka secara rutin harian dengan membukanya Anda akan memperoleh udara secara optimal.

  1. Lantai kedap air

Lantai dengan kedap air juga salah satu kriteria rumah sehat. Anda bisa menggunakan semen, keramik, ubin, kayu atau yang sejenisnya. Selain itu kebersihan area lantai pun harus tetap diperhatikan sehingga akan terasa nyaman untuk ditempati. Sedangkan lantai yang kotor akan membuat gangguan kesehatan mudah datang sehingga perlu dihindari.

  1. Atap atau langit-langit
Baca Juga :   Inilah Para Arsitek Senior Negeri Ini Yang Menjadi Kebanggaan Indonesia di Mata Dunia

Untuk rumah di daerah Indonesia yang tropis ini sangat disarankan untuk memakai atap dengan bahan genteng tanah liat. Dengan begitu panas matahari akan terserap dengan baik. Hindari penggunaan seng karena suasana panas akan semakin terasa.

Adapun ketinggian langit-langit juga perlu diperhatikan. Jangan terlalu pendek karena panas akan mudah terasa.

konsep rumah sehat tropis 2 - arkamaya jasa arsitek jogja

  1. Air yang bersih

Tentunya rumah yang sehat harus memiliki sumber air bersih bagi penghuninya dengan begitu proses membersihkan diri seperti mencuci dan mandi atau pun yang lainnya bisa terpenuhi dengan baik.

  1. Sistem pembuangan limbah

Setiap rumah tentu menghasilkan limbah masing-masing, maka dari itu sistem pembuangannya pun harus diperhatikan dengan benar. Sebaiknya tempat pembuangan limbah sangat jauh dengan sumber air. Buat juga tempat pembuangan yang tertutup agar tidak mencemari udara di sekitarnya.

  1. Resapan Air

Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor dapat dihindari jika kita menyediakan daerah resapan air yang cukup luas. Daerah resapan air yang luas di lahan yang sempit dapat dicapai dengan mengoptimalkan penggunaan lapisan/permukaan tembus air seperti rumput dan grass block pada halaman, parkiran mobil (carport), dan jalan agar air dapat mengalir dan meresap secara alami ke dalam tanah.

 konsep rumah sehat tropis - arkamaya jasa arsitek jogja

Itulah beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam membuat konsep rumah sehat. Dengan menerapkan beberapa kriteria di atas tentu rumah akan terasa lebih aman dan nyaman untuk dihuni.