Jasa Desain Interior, Berapakah Biaya dan Bagaimana Prosedurnya ?

Bagi kebanyakan orang, membangun rumah dengan hasil memuaskan pasti menjadi dambaan. Tak heran, banyak yang menggunakan jasa desain interior agar hasilnya lebih memuaskan. Ada berbagai hal yang dipersiapkan agar membangun atau merenovasi rumah lebih memuaskan. Salah satunya adalah menyewa jasa desain interior. Meskipun biaya desain interior yang diperlukan tidaklah sedikit, banyak orang yang tetap memilih menyewanya.

biaya desain interior - arkamaya jasa arsitek jogja

Lalu pertanyaan yang sering muncul saat menyewa jasa desain interior adalah berapa biaya yang diperlukan? Jawaban dari pertanyaan ini beragam. Hal ini dikarenakan ada beberapa cara dalam membayar jasa desain interior. Antara desainer interior yang satu dengan lainnya menerapkan tarif yang berbeda. Jika Anda sedang sibuk mencari referensi biaya, berikut akan kami bagikan informasi tentang biaya desain interior.

  1. Luas per meter persegi

Cara menghitung biaya desain interior yang pertama adalah menurut luas ruangan. Jika dihitung per meter persegi, biaya yang dibutuhkan antara Rp.300.000,00 sampai Rp.500.000,00. Dengan biaya ini, seorang desainer interior bisa menghasilkan gambar hingga 5 lembar. Sebenarnya baik Himpunan Desainer Interior Indonesia atau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah menetapkan tarif desain interior. Namun keptusan tetap berada diantara klien dan desainer.

  1. Prosentase

Menurut Sekretaris Jendral Himpunan Desainer Interior Indonesia, biaya yang dibutuhkan untuk jasa desain interior maksimal 10% dari total anggaran. Namun hal ini juga tergantung dari kesepakatan desainer dengan klien. Sebagai contoh, total biaya membangun rumah sebesar Rp.500.000.000,00 maka biaya desain interior adalah Rp.50.000.000,00 atau bisa berkurang.

  1. Sesuai gambar desain

Seorang desainer interior juga menetapkan tarif berdasarkan gambar desainnya saja. Ia hanya melayani pembuatan desain interior saja. Setelah gambar desain interior jadi, kita tinggal menerapkannya sendiri pada ruangan. Biaya desain interior yang satu ini tergantung dari kerumitan desain. Desain interior yang lebih rumit dan mewah tentu dikenai biaya yang lebih mahal.

  1. Design and build
Baca Juga :   Jasa Arsitek di Bandung

Seorang desainer interior juga menerapkan tarif berdasarkan layanan yang diberikan. Ada desainer interior yang memberikan layanan mendesain sekaligus menata ruangan. Mulai dari pemilihan material hingga meletakkannya. Jika Anda kurang bisa memilih perabot dan material, jasa ini lebih cocok.

Biaya desain interior yang dikenai untuk design and build ini tentu lebih mahal dibanding hanya memberikan desain gambarnya saja. Biaya yang dikenakan juga beragam, tergantung dari setiap desainer interior yang bersangkutan.

Pada akhirnya biaya desain interior ini tetap ditentukan oleh kesepakatan dengan klien. Jika klien pandai bernegosiasi, maka biaya yang diperlukan bisa lebih murah. Sebenarnya seorang desainer interior hendaknya mengutamakan profesionalisme kerja dibanding mematok tarif di awal. Hal ini semata-mata untuk memberikan kepuasan kepada klien. Itulah tadi sekilas ulasan tentang biaya jasa desain interior.