Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Renovasi Rumah ?

Renovasi rumah bertujuan untuk memperbaiki dan mempercantik rumah. Merenovasi rumah bisa apa saja, misalnya atap bocor, material bangunan yang perlu diganti, hingga mendesain ulang rumah. Saat merenovasi rumah, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah biaya. Meskipun hanya merenovasi rumah, biaya yang diperlukan bisa sama dengan membangun rumah dari awal. Bahkan tidak jarang ada yang melebihi budget yang disediakan.

jasa renovasi bangun rumah - arkamaya jasa arsitek jogja

Membengkaknya budget renovasi rumah bisa disebabkan berbagai hal. Salah satunya adalah kurangnya persiapan yang matang sebelum renovasi rumah. Banyak orang yang terburu-buru membeli perabot dan material bangunan. Sehingga hasil renovasi menjadi kurang maksimal. Jika Anda tidak ingin mengalami hal ini, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum renovasi bangun rumah.

 

  1. Membuat sketsa denah ruang

Sebelum melakukan renovasi bangun rumah, ada baiknya kita membuat sketsa denah ruang. Membuat denah ruang bermanfaat agar membantu kita merancang desain interior lebih mudah. Hal ini menghindari kesalahan seperti meletakkan perabot dan menata desain interior. Kita bisa memperkirakan desain apa yang tepat untuk ruangan.

Sayangnya tidak sedikit orang yang mengabaikan membuat denah ruang.

 

  1. Ketahui ukuran ruangan

Kemudian persiapan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui ukuran ruangan. Ukur setiap bagian ruangan secara detail. Seperti misalnya tinggi plafon, pintu, jendela, ukuran perabot, tangga, dan lain sebagainya. Mengetahui ukuran setiap bagian ruangan bermanfaat agar perabot yang kita letakkan bisa sesuai.

Kita tentu tidak ingin jika sudah membeli prabot baru namun ukurannya tidak sesuai dengan ukuran ruangan. Misalnya panjang sofa yang berlebihan, tinggi dan lebar lemari yang tidak sama dengan dinding, dan lain sebagainya.

 

  1. Kumpulkan beberapa ide

Saat berencana melakukan renovasi bangun rumah tentu kita mencari berbagai ide. Sebaiknya kumpulkan terlebih dahulu ide tersebut dalam sebuah diari atau album. Jangan terlalu terburu-buru menentukan desain apa yang dipilih. Misalnya saja jenis desain interior, material perabot, warna interior, kreasi pajangan,  dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga :   7 Trik Agar Tepat Dalam Memilih Kontraktor Bangun Rumah

Setelah terkumpul, pilih salah satu yang benar-benar sesuai dengan selera.

 

  1. Menyiapkan anggaran dana

Siapkan biaya untuk melakukan renovasi bangun rumah lebih awal. Agar kita bisa membeli kebutuhan renovasi dengan cepat. Selain itu kita perlu membeli kebutuhan renovasi yang berkualitas. Hal ini bermanfaat agar kita tidak bolak-balik mengganti material dan perabot rumah.

 

  1. Gunakan jasa ahli

Kita sangat disarankan untuk menyewa arsitek atau jasa desainer interior saat melakukan renovasi bangun rumah. Menyewa ahli konstruksi dan desain interior bisa meminimalisir kesalahan. Sehingga merenovasi rumah bisa lebih mudah dan maksimal.

jasa renovasi bangun rumah 2 - arkamaya jasa arsitek jogja

Kita tentu ingin melakukan renovasi bangun rumah dengan lancar dan maksimal. Oleh karena itu lakukan beberapa persiapan di atas. Sekian ulasan persiapan sebelum memulai renovasi rumah kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.