Trik Menciptakan Rumah Tropis Bergaya Minimalis

Iklim tropis di Indonesia ternyata mampu memberikan pengaruh yang sangat besar pada desain serta rumah yang ada di Indonesia. Salah satu konsep rumah yang saat ini sangat diminati adalah konsep rumah tropis. Dengan mengutamakan kenyamanan serta desain yang menawan, maka rumah tropis menjadi idaman bagi setiap orang yang ingin memiliki hunian sendiri. Meskipun membutuhkan biaya yang tak sedikit, namun dengan perhitungan yang tepat Anda juga bisa menggunakan lahan yang tak terlalu luas untuk membuat sebuah rumah tropis bergaya minimalis.

konsep rumah tropis - arkamaya jasa arsitek jogja

Bagi Anda yang belum pernah mengetahui secara langsung konsep rumah tropis tentu akan semakin penasaran dengan konsep rumah yang satu ini. Agar konsep rumah tropis tersebut mampu bergaya minimalis serta lebih modern, maka ada beberapa trik yang bisa Anda coba. Berikut ini akan dijelaskan trik menciptakan rumah tropis bergaya minimalis.

  1. Material bahan bangunan
    Untuk menghadirkan konsep rumah tropis bergaya minimalis, maka Anda bisa memilih material bahan yang tepat. Rumah tropis sebaiknya menggunakan dinding yang berasal dari batu alam atau kerang-kerangan sehingga bisa menjadi hiasan dinding yang cantik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bambu atau kayu untuk pembuatan tempat santai misalnya di taman sehingga rumah Anda akan semakin nyaman dan tampak bersih.
  2. Ruang Atap
    Untuk konsep rumah tropis sebaiknya pilih atap yang kuat sehingga dapat menjadi pelindung dari berbagai cuaca. Untuk rumah tropis ini sangat disarankan untuk menggunakan atap dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Bagian sirap sekitar 22,5 derajat, serta seng yang berukuran 15 derajat. Selain itu perlu diperhatikan pula jarak langit-langit ke lantai usahakan paling tidak 2,7 meter agar sirkulasi udara tetap lancar.
  3. Dinding Rumah
    Dinding rumah menjadi bagian yang penting dari sebuah rumah tropis. Oleh karena itu sebaiknya pada bagian dinding diberikan ventilasi udara dan bukaan cahaya dengan menerapkan konsep lubang pada bagian dinding. Pastikan pula dinding tersebut terlindungi dari sinar matahari agar panas sinar matahari tak masuk menuju ruangan. Anda bisa meletakkan tanaman kecil di dalam rumah agar suhu dinding tetap terjaga serta dapat menambah keindahan pada desian interior rumah Anda.
  4. Warna Cat Rumah
    Untuk menghadirkan konsep rumah tropis yang sesungguhnya, maka gunakan warna cat rumah yang berwarna cerah seperti orange atau biru. Anda juga harus menyesuaikan antara warna cat rumah dengan lampu yang cerah sehingga akan menghasilkan perpaduan yang tepat.
  5. Furniture kreatif
    Untuk melengkapi interior konsep rumah tropis Anda bisa meletakkan sofa yang kreatif. Sofa tersebut sebaiknya memiliki warna-warna yang beragam serta tambahkan lampu gantung atau hiasan dinding agar ruangan tampak semakin menarik. Akan tetapi perlu diperhatikan pula sebaiknya sofa yang Anda gunakan berukuran tak terlalu besar agar gaya minimalis tetap tampak pada ruangan Anda.
  6. Penanaman Pohon dan Penambahan Kolam Ikan
    Untuk menjaga suhu sekitar agar tetap sejuk, tambahkan elemen kayu dan air.
Baca Juga :   Konsep Menciptakan Rumah Ramah Lingkungan Eco-House

Itulah penjelasan mengenai trik menciptakan rumah tropis bergaya minimalis. Penjelasan di atas diharapkan dapat menambah wawasan Anda serta memberikan gambaran bagi Anda yang ingin menggunakan konsep rumah tropis pada hunian, namun dengan gaya minimalis.