Pedoman Aman Membangun Rumah Iklim Tropis

Rumah iklim tropis – Membangun sebuah rumah merupakan idaman untuk sebagian orang bahkan tak jarang menjadi motivasi hidup untuk merealesasikannya dan setelah berhasil membangunnya akan menjadi sebuah kepuasan lahir maupun batin. Meskipun bukan rumah idaman yang mewah, setidaknya bisa menjadi rumah ideal yang sesuai kebutuhan saja sudah cukup untuk menjadi sebuah tempat bernauang keluarga.

rumah iklim tropis - arkamaya jasa arsitek jogja

Jika Anda tinggal di lingkungan tropis, rumah yang cocok Anda bangun adalah rumah iklim tropis. Hal ini perlu diperhatikan supaya rumah tidak cepat mengalami kerusakan secara fisik. Dalam membangun rumah iklim tropis ada sejumlah pedoman yang perlu anda pertimbangkan pengaplikasiannya. Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Orientasi

Massa bangunan memanjang dari arah timur ke arah barat lebih direkomendasikan karena hal ini akan meminimalisir akses matahari dan angin secara langsung ke dalam bangunan. Sebagian besar aliran udara di Indonesia bergerak ke arah utara-selatan ataupun sebaliknya. Melalui massa rumah yang dihadapkan de utara atau selatan, maka suplay udara alami yang optimal bisa diperoleh sehingga penggunaan AC bisa terkurangi. Selain itu orientasi bangunan hendaknya bisa mengoptimalkan pencahayaan alami

  1. Material dan atap

Sebaiknya material untuk atap dan dinding adalah material yang tidak mudah ditumbuhi lumut atau jamur dan tidak mudah menghisap air. Biasanya material ringan lebih dipilih karena time lag rendah, memiliki kapasitas panas kecil dan lebih cepat bereaksi dengan perubahan iklim. Material berkonduktivitas rendah bisa mengurangi panas pada bangunan. Atap rumah iklim tropis harus mampu menahan panas, hujan dan angin. Atap miring bisa menjadi pilihan karena mengalirkan air hujan ke tanah secepat mungkin.

  1. Lantai

Material lantai dengan sifat dingin adalah pilihan tepat seperti jenis lantai keramik dan batu alam. Sedangkan jenis lantai kayu tidak dianjurkan karena sifatnya menyerap panas. Lantai panggung bisa juga dipilih untuk membuat lantai sejuk. Adanya ruang antara lantai dan permukaan tanah, aliran udara akan terjadi di sana sehingga bisa mendinginkan lantai rumah.

  1. Struktur bangunan
Baca Juga :   Bagaimana Cara Agar Rumah Sejuk Tanpa AC ?

Struktur bangunan yang kuat mutlak diperlukan untuk rumah iklim tropis dengan tujuan untuk menjamin keamanan penghuninya. Dalam hal ini, konsultasikan dengan ahlinya supaya anda mendapat bantuan karena struktur bangunanlah yang menentukan kekuatan sebuah rumah mengingat seringnya terjadi bencana seperti gempa bumi dan lainnya.

  1. Ventilasi

Pada rumah iklim tropis, kelancaran aliran udara menjadi faktor utama yang berpengaruh pada kenyamanan penghuni. Oleh sebab itulah, sirkulasi udara yang baik sangatlah penting. Ventilasi dapat berupa pintu, jendela dan boven yang sebaiknya disesuaikan letaknya supaya membentuk sistem cross-ventilation. Sistem tersebut adalah sistem ventilasi berseberangan dimana udara menyeberang melalui satu ruangan sehingga aliran udara bisa merata dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Selain 5 pedoman di atas, pekarangan, rumput dan pepohonan hijau akan bermanfaat untuk membuat suasana rumah sejuk dan melancarkan sirkulasi udara ke dalam rumah. Meskipun rumah iklim tropis yang akan anda bangun adalah rumah iklim tropis sederhana, namun penerapan prinsip arsitektur sangat penting supaya aman dan penghunipun merasa, nyaman. Yang terpenting adalah ramah lingkungan dan bisa merespon kondisi tropis dengan baik sesuai dengan kemampuan dan kemampuan.