Tips Desain Carport yang Ideal bagi Rumah Anda

Keterbatasan lahan di wilayah perkotaan membuat sebagian orang harus mengurungkan keinginannya untuk membuat garasi. Sebagai solusi untuk meletakkan kendaraan biasanya rumah-rumah di perkotaan membuat carport di bagian depan rumah. Sebetulnya carport merupakan lahan parkir kendaraan yang berada di luar rumah, namun masih berada dalam satu lingkungan rumah. Sedangkan garasi biasanya berada di dalam rumah. Untuk menghasilkan carport yang ideal, maka Anda harus memilih desain carport ideal sehingga tetap memberikan kenyamanan serta keamanan pada rumah dan kendaraan Anda.

desain carport ideal - arkamaya jasa arsitek jogja

Seiring dengan semakin banyaknya konsep rumah minimalis, maka pembuatan carport juga disesuaikan dengan konsep rumah minimalis. Akan tetapi perlu Anda ketahui pula bahwa sebetulnya pembuatan carport harus sesuai dengan desain carport ideal. Berikut ini akan dijelaskan tips desain carport ideal yang bisa membantu Anda untuk mewujudkan carport idaman dan lebih fungsional.

  1. Membuat aliran air agar tak menggenang di carport
    Tak hanya digunakan untuk memarkir kendaraan, desain carport ideal juga sering digunakan untuk tempat mencuci kendaraan. Oleh karena itu agar tidak terdapat air yang menggenang, maka buatlah lantai carpot dari material yang bisa menyerap air. Jika Anda menggunakan keramik atau batu alam sebagai lantai carport, maka tambahkan tali air untuk memperlancar aliran air agar tak menggenang. Selain itu, pasanglah kran air di dekat carport, namun pastikan pemasangan kran tersebut tersembunyi agar tak merusak pemandangan di bagian carport.
  2. Menggunakan kanopi untuk melindungi carport
    Pasanglah kanopi agar kendaraan Anda yang berada di carport akan terlindung dari panas matahari maupun hujan. Anda bisa memilih berbagai model kanopi mulai dari pilihan warna, bahan atap hingga desain kanopi untuk melengkapi carport Anda. Akan tetapi perlu Anda perhatikan pula jika masing-masing model kanopi memiliki harga dan keunggulan yang berbeda sehingga Anda harus memilihnya secara tepat.
  3. Usahakan lantai carport tidak datar
    Desain carport ideal sebaiknya memperhatikan tinggi lantai carport yang sebaiknya sebesar 12% dari panjang carport dihitung dari muka jalan. Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan aliran air agar keluar dari rumah.
  4. Perpaduan lantai carport dengan rumput untuk kesan yang alami
    Agar rumah Anda terkesan lebih asri dan alami, maka Anda bisa membuat cetakan semen atau paving yang berlubang pada carport sehingga bisa ditumbuhi oleh rumput hias. Agar rumput tahan diinjak, maka pilihlah jenis rumput yang tidak mudah mati. Dari perpaduan antar semen dengan rumput ini, maka desain carport ideal tak hanya memenuhi standar, namun juga tampak lebih menarik dan menambah keindahan bagian depan rumah Anda.
Baca Juga :   Apa Saja Prinsip Membangun Properti Sistem Syariah ?

Itulah penjelasan mengenai desain carport ideal yang bisa menambah wawasan Anda. Berdasarkan penjelasan di atas kini dengan membuat carport yang tepat, maka akan memudahkan Anda untuk menempatkan kendaraan dan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mencuci kendaraan tanpa perlu takut akan membuat kotor bagian depan rumah Anda akibat air yang menggenang.