Landscape dan Konsep Desain Taman Minimalis

Merancang Taman Minimalis
Meski luas tanah tersedia lebih kecil dari jalan setapak atau teras, Anda tetap dapat membuat desain taman yang menarik dan menyejukkan.

Definisi Taman Minimalis
Kata Desain memiliki arti rancangan, pola atau konsep. Dan yang dimaksud dengan desain taman adalah bagaimana cara merancang sebuah taman. Desain taman merupakan bagian dari disiplin ilmu tata ruang atau planologi. Yang artinya, desain taman memiliki arti pengelolaan dalam suatu ruang atau di dalam ruangan.

Sedangkan kata minimalis adalah suatu aliran dalam seni rupa atau seni bangunan yang dirupakan sebagai sesuatu yang sederhana, simpel, dan tidak terlalu banyak pola atau bentuk. Model minimalis biasanya diterapkan untuk tampilan rumah baik dari sisi eksterior maupun interiornya.
Meski disebut minimalis, justru biaya yang dibutuhkan bisa lebih besar dari yang biasa. Karena rumah minimalis pada umumnya menggunakan bahan-bahan yang relatif lebih mahal dan materi interior berharga tinggi karena akan tampak nilai seni di dalamnya. Semua itu demi menonjolkan sisi minimalis dalam gaya penataan rumah atau taman yang menyertainya.

Jadi, pengertian umum dari desain taman minimalis adalah suatu rancangan taman yang mengadopsi gaya minimalis dalam penataannya.

Media Penempatan Tanaman
Ada dua jenis penempatan dalam pengisian lahan pada Taman minimalis. Yaitu taman minimalis dengan penempatan penanaman langsung. Artinya, tanaman langsung langsung ditanam tanah. Yang kedua adalah taman dengan penanaman tak langsung atau menggunakan media sebagai media tanamnya.
Pada taman minimalis dengan penempatan penanaman langsung yang harus Anda perhatikan adalah kondisi tanahnya. Tanah harus dalam keadaan gembur, dan siap untuk ditanami.

Sedangkan taman minimalis dengan penempatan penanaman tak langsung, atau menggunakan media tanam seperti pot, polybag ataupun tong; yang perlu Anda perhatikan adalah kombinasi antara tanah dengan airnya cukup balance. Jangan sampai tanah terlalu kering, ataupun terlalu basah yang dapat menyebabkan tanaman Anda menjadi mati.

Baca Juga :   Cermat dalam Prosedur Kepemilikan Properti

desain-taman-rumah-minimalis-modern

Desain Taman Minimalis
Taman minimalis dalam pembuatannya memiliki empat prinsip yang harus diperhatikan. Yakni : tema, kontras, gradasi dan kontrol. Keempatnya adalah prinsip yang harus diikuti agar tampilan taman minimalis terlihat berkarakter. Keempat prinsip tersebut adalah ibarat pakem yang harus dipatuhi untuk mendapatkan suatu konsep taman minimalis yang berselera tinggi.
Keempat prinsip dari design taman minimalis dapat Anda simak sebagai berikut :

  1. Tema, maksudnya adalah pola dasar dari elemen pembentuk taman secara menyeluruh. Contohnya adalah taman bergaya jepang.
  2. Kontras, adalah unsur penyemarak, pembentuk perhatian, sisi aksentuasi. Anda mungkin pernah mendengar istilah point of interest. Itulah kontras, atau point of interest pada sebuah taman. Misalnya, meletakkan sebuah patung di tengah-tengah taman, sebagai fokus dari taman yang dibuat tersebut.
  3. Gradasi. Dari pengertian katanya pasti Anda sudah menebak. Gradasi adalah prinsip umum pada semua seni, baik seni rupa, seni lukis, seni suara, ataupun seni landscaping. Yang maksudnya adalah ritme, jenjang, pergeseran, level, tingkatan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah, menanam sebuah perdu berwarna hijau tua, hijau tosca dan hijau pucat, akan menimbulkan efek gradasi bagi mata yang memandang.
  4. Kontrol. Yaitu unsur penyeimbang, keserasian, pengendali agar tak terlihat berlebihan dan justru jatuh pada kesan terlalu ramai dan tak bertema. Kontrol adalah suatu keharmonisan. Tujuannya adalah segala elemen tertata secara harmonis pada design taman minimalis Anda. Contohnya : memadukan tanaman yang berbeda bentuk dan ukuran.

landscape-taman-rumah-minimalist

Taman minimalis juga memiliki karakter dalam konsep desainnya. Karakter taman hanya ada dua, yakni taman berkarakter formal dan yang informal.

  • Desain taman minimalis formal, lebih menonjolkan pola penataan tanaman yang simetris, patuh pada aturan dan pakem, serta kadang bersifat agak kaku. Elemen tanaman yang dipakai pun biasanya yang mempunyai kesan formal, seperti palem kipas dalam sebuah media pot keramik besar.
  • Desain taman minimalis informal, lebih menyentuh sisi-sisi yang alami. Pola yang dibentuk mengusung kesan tidak bertema. Tanaman yang digunakan pada umumnya memiliki bentuk alami serta tidak kaku.
Baca Juga :   Tips Desain Carport yang Ideal bagi Rumah Anda

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dalam merancang konsep taman minimalis.